Selasa, 06 April 2010

perlunya safety riding

Di era yang sangat sulit seperti sekarang ini mungkin sekitar 7 dari 10 masyarakat di kota-kota besar atau pun di kota kecil sekarang menggunakan sepeda motor??kenapa ya.......
yuupppss bener banget karena biaya transportasi umum naik akibat kenaikan harga BBM membuat sepeda motor menjadi
pilihan paling praktis dan ekonomis sebagai alat transportasi baik pribadi maupun keluarga di tambah lagi kemampuan melalui jalan yang relatif kecil seakan menjadikan motor sebagai kendaraan yang bebas macet dan efektif Selain itu pemakaian BBM juga ekonomis dan murah dalam perawatannya. Tapi cukup disayangkan, kemudahan memperoleh sepeda motor, namun tidak dibarengi dengan kesadaran untuk belajar berkendara dengan baik dan aman. Masih banyak kita lihat orang mengendarai motor dengan sekencang-kencangnya, ugal – ugalan atau sangat lambat dan lain-lain yang membahayakan dirinya juga orang lain disekitarnya. Menurut survey tim safety riding course, lebih dari 50% kecelakaan sepeda motor disebabkan oleh faktor manusia itu sendiri, selain faktor kendaraan dan lingkungan.

Argumen bahwa perlunya kita bergabung dalam sebuah klub motor. Tidak perlu memilih itu klub motor sejenis maupun klub motor berbagai merek, yang penting adalah klub yang bisa membina kita menjadi bikers yang baik dan tertib saat berkendara. Klub motor yang baik salah satunya adalah klub yang peduli dengan keselamatan dan keamanan berkendara. Klub motor sering melakukan acara khusus untuk melatih dan memberi pencerahan tentang keselamatan dan keamanan berkendara kepada anggota barunya. Bahkan untuk menggelar acara tersebut dilibatkan juga beberapa vendor sebagai sponsor, yang artinya semua sepakat akan pentingnya keselamatan. Safety Riding mengacu kepada perilaku berkendara yang secara ideal harus memiliki tingkat keamanan yang cukup bagi diri sendiri maupun orang lain. Dalam pelatihan Safety Riding, disajikan dalam teori dan praktek. Umumnya dalam teori dijelaskan seputar keselamatan berkendara, pentingnya pemanasan tubuh saat hendak berkendara, kesiapan kendaraan, posisi berkendara yang ideal, dan lain-lain.

Secara umum untuk pelatihan praktek Safety Riding diajarkan:

-Teknik pengereman dengan hanya mengandalkan rem depan, rem belakang, dan kombinasi keduanya.
teknik ini untuk membiasakan pengendara untuk membedakan fungsi dua sisi rem saat
hendak berhenti ber-akselerasi.


-Teknik slalom dengan cone di lintasan. Teknik ini untuk melihat kemampuan pengendara
menikung dengan cepat dari sisi kiri
ke kanan dan sebaliknya

-Teknik berjalan di lintasan ala bumpy-road, teknik ini untuk membiasakan pengendara untuk
memberi kenyamanan saat jalan tidak
mulus atau bergelombang.

-Teknik berkendara di lintasan lurus dan sempit berupa bilah dengan asumsi kendaraan berjalan
di jalan kecil dan diliputi
kemacetan.
Teknik ini untuk membiasakan diri bagi bikers untuk tetap dapat melakukan handling tanpa
menurunkan kaki dalam kecepatan rendah.

Perangkat keamanan semacam decker lutut dan siku plus helm menjadi wajib untuk peserta pelatihan Safety Riding. Buktikan bahwa kita mampu berkendara dengan baik, tidak sembrono, tidak ugal-ugalan, patuh lalu-lintas, dan menghormati sesama pengguna jalan serta memberi contoh positif kepada sesama pengguna jalan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Mengenai Saya

Foto saya
curup, bengkulu, Indonesia
salam kenal sobat semua....,,terima kasih sudah mengunjungi blog ini...????smoga bisa memberi manfaat bagi para sobat smua ya...dan jgn sungkan untuk memberikan komen y...???? :D

Followers

banner honda

honda bengkulu
fif kredit

idesegarhosting

Grey Floral ©  Copyright by Safety Riding Honda Bengkulu | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks