Minggu, 04 April 2010

tips berkendara motor jarak jauh (mudik)

Kata MUDIK atau pulang ke kampung halaman di saat hari-hari perayaan besar seperti lebaran,Sudah menjadi tradisi sebagian besar masyarakat indonesia.
di beberapa tahun belakangan ini angka para pemudik terus meningkat dan diprediksi sekitar 18,5 juta orang akan melakukan mudik,di perkirakan 2,5 juta diantaranya menggunakan sepeda motor???



jika anda termasuk orang yang manggunakannya,berikut saya memberikan tips ringan untuk mempersiapkan sepeda motor anda.



Periksalah kondisi motor dengan melakukan tune-up standar, mencakup membersihkan seluruh komponen karburator, penyetelan klep, begitupula dengan pengapian busi dan mengganti oli bila diperlukan. “Sebaiknya satu minggu sebelum mudik, motor di tune-up standar. Jika ingin mendongkrak tenaga, cukup mengganti spuyer dan sumber pengapian yang lebih besar, seperti CDI maupun spul,



Soal meningkatkan performa, penggunaan knalpot balap (racing) guna mengimbangi buangan bahan bakar dan pengapian yang besar, hukumnya tidak wajib.

Setelah mesin tuntas, beralih keposisi kaki-kaki sebagai andalan melakukan perjalanan jauh. Beberapa komponen yang wajib dilihat kondisinya meliputi; bearing roda, velg, rantai dan gear. Tapi ingat pula bentuk tapak ban anda, jika sudah â€~botak’ sebaiknya diganti dengan yang baru.

Begitu pula dengan kampas rem baik depan dan belakang.
Khusus sikulit bundar, ada baiknya anda menggunakan tipe tubless dan memakai nitrogen, sehingga menambah kenyamanan saat berkendara.

Perhatikan pula sistem suspensi apabila anda berboncengan.
Jika menggunakan shockbreaker racing, sebaiknya tidak diposisikan pada pemasangan rendah. Pasalnya akan membuat penumpang tidak nyaman jika melewati jalan yang rusak.
Namun saya menyarankan lebih baik menggunakan versi standar pabrik. Sebab memang sudah dirancang khusus dengan motor anda.


Terakhir sebelum berangkat, lakukan re-check pada sistem signal seperti; lampu depan, sign, lampu belakang, lampu rem dan klakson. Sama halnya dengan suspensi, soal penerangan juga dianjurkan memakai part orisinil keluaran pabrikan, jauh lebih terang dan fokus di satu titik.
Akhirnya, sekarang anda sudah siap melakukan mudik. Tapi tidak lupa untuk menggunakan perangkat keamanan berkendara. Semisal helm fullface, sarung tangan dan jaket standar touring.

saya ucapkan selamat bermudik ria........kalau dah pulang lg jgn lupa oleh-oleh ny y....????wkwkwkwkwkwk.....

0 komentar:

Posting Komentar

 

Mengenai Saya

Foto saya
curup, bengkulu, Indonesia
salam kenal sobat semua....,,terima kasih sudah mengunjungi blog ini...????smoga bisa memberi manfaat bagi para sobat smua ya...dan jgn sungkan untuk memberikan komen y...???? :D

Followers

banner honda

honda bengkulu
fif kredit

idesegarhosting

Grey Floral ©  Copyright by Safety Riding Honda Bengkulu | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks